Romi Satria Wahono eUniversity

by Romi Satria Wahono

rsweuniversity.gifSudah beberapa bulan ini saya mencoba memanfaatkan sistem eLearning untuk mendukung aktifitas pengajaran yang saya lakukan di kampus. Engine LMS-nya saya pilih Moodle dan fitur utama yang saya gunakan adalah pengelolaan data mahasiswa, pendistribusian bahan ajar/referensi, pemberian ujian/tugas dan penilaiannya. Awalnya penggunanya saya batasi hanya untuk mahasiswa yang memang sedang mengikuti mata kuliah saya di beberapa kampus baik Jakarta maupun Semarang. Kemudian banyak permintaan dari pengunjung blog  yang tertarik untuk mencoba ikutan :) Jadi akhirnya saya putuskan untuk membuka secara penuh Romi Satria Wahono eUniversity ini. Siapapun yang ada di manapun diperbolehkan untuk mendaftar, mengakses, mengikuti dan mendownload secara gratis berbagai bahan ajar yang saya gunakan selama ini untuk mengajar di beberapa kampus.

Saya sengaja menggunakan subdomain khusus University.RomiSatriaWahono.Net supaya lebih mudah diingat. Saya juga link University.RomiSatriaWahono.Net ini lewat menu di blog bernama Lectures. Saat ini tersedia course yang berisi mata kuliah:

  1. Object-Oriented Programming (oop)
  2. Metodologi Penelitian (mp)
  3. eLearning System Development (esd)
  4. Software Engineering (se)
  5. Advanced Topic on Software Engineering (atse)
  6. Game Design and Development (gdd)
  7. Game Programming (gp)
  8. Object-Oriented Analysis and Design (ooad)
  9. Knowledge Management (km)

1-2 course masih kosong dan beberapa yang lain belum lengkap, tapi saya sedang berusaha untuk pelan-pelan melengkapi seluruh course yang ada dengan bahan kuliah yang sedang saya buat.

Konsep yang saya buat dalam mendesain mata kuliah adalah kombinasi membina kemampuan teknis (technical skill and competence), kemampuan tulis dan verbal. Ketika mahasiswa sudah menguasai technical skill, dia harus bisa dan mau membagikan ke orang lain dalam bentuk tulisan lewat blog serta melakukan presentasi di depan kelas. Membuat blog adalah tugas pertama dan wajib dilakukan oleh mahasiswa yang mengikuti mata kuliah saya. Di blog yang telah dibuat itulah, sang mahasiswa melngupload berbagai tugas mandiri dan menyebarkan kembali ilmu yang didapat dengan bahasa sendiri dan yang pasti dengan bahasa manusia :) yang mudah dipahami oleh orang lain.

Kalau ada yang tertarik ikutan, silakan mendaftar secara gratis lewat form pendaftaran dan pilih mata kuliah yang ingin anda ikuti. Kolom isian tentang nama universitas, jurusan dan nomor mahasiswa dapat dikosongkan apabila pendaftar bukan mahasiswa. Jangan lupa untuk memasukkan enrolment key yang merupakan singkatan dari nama mata kuliah. Enrolment key juga saya tulis dalam tanda kurung pada daftar mata kuliah diatas. Mohon jangan pernah menanyakan enrolment key lewat email, sms dan message di eLearning. Menanyakan enrolment key sama artinya dengan kita membuat pernyataan bahwa “Saya tidak membaca posting artikel ini dengan baik” :) Mudah-mudahan bermanfaat.

Tetap dalam perdjoeangan!

ttd-small.jpg

Leave a Reply

